Thursday, January 28, 2016

Konfigurasi Ntp setelah Mengistal di debian 8

           Kali ini saya akan share tentang bagaimana menginstall dan konfigurasi NTP-Server ,kita mulai dari pengertianya menurut Wikipedia:
         Sebuah server waktu adalah server yang komputer yang membaca waktu yang sebenarnya dari jam referensi dan mendistribusikan informasi ini kepada klien menggunakan jaringan komputer . Waktu server mungkin waktu jaringan server lokal atau server waktu internet. Protokol yang paling penting dan banyak digunakan untuk mendistribusikan dan sinkronisasi waktu melalui Internet adalah Network Time Protocol (NTP), meskipun protokol waktu kurang populer atau usang lainnya terus digunakan. Berbagai protokol yang umum digunakan untuk mengirimkan sinyal waktu lebih dari link radio dan koneksi serial.
Referensi waktu yang digunakan oleh server waktu bisa menjadi waktu server lain di jaringan atau Internet, jam radio yang terhubung atau jam atom . Sumber waktu paling umum yang benar adalah GPS atau GPS master jam . Server waktu kadang-kadang multi-tujuan server jaringan , server jaringan khusus, atau perangkat khusus. Semua waktu dedicated server dilakukan adalah menyediakan waktu yang akurat.
Server jaringan yang ada (misalnya file server) dapat menjadi waktu server dengan software tambahan. Homepage NTP menyediakan implementasi referensi gratis dan banyak digunakan dari server NTP dan klien untuk banyak populer sistem operasi . Pilihan lainnya adalah perangkat khusus waktu server.
Istilah "strata" digunakan untuk label kedekatan ke server waktu berkualitas pusat atau tinggi. stratum menunjukkan tempat server waktu tertentu dalam hierarki server. skala adalah 0 sampai 14 di mana 0 adalah yang paling akurat dan kemungkinan perangkat keras fisik yang sangat khusus. Beberapa klien waktu akan menolak update waktu dari server yang stratum terlalu tinggi, dan kebanyakan akan lebih memilih sumber waktu strata rendah ke yang lebih tinggi. Ini bisa menjadi perangkap bagi administrator menyiapkan server waktu di rumah tanpa sumber waktu yang benar.

 https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/Time_server&prev=search
   
       Oke lang sung saja ke Tutorial
  • Pertama masuk ke root
  • Kemudian install ntp servernya  #apt-get install ntp ntpdate
  •  
 

  • kemudian masukan perintah #nano /etc/ntp.conf
  • Ini adalah tampilanyang belum saya apa-apakan
  •  Kemudian cari bagian  seperti gambar ini
  •  Kemudian debian di ganti id
 Kemudian tekan ctrl+x kemudian tekan y lalu enter.
  • Kemudian restart dengan perintah #/etc/init.d/ntp restart.

  • Kemudian cek dengan memasukan perintah #ntpq -p

  • Untuk memastikan kita cek tanggal dengan perintah #date

Semoga Berhasil

Artikel Terkait

Konfigurasi Ntp setelah Mengistal di debian 8
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email