Thursday, January 14, 2016

Konfigurasi VPN di Mikrotik


       Kali ini saya akan share tentang bagaimana konfigurasi vpn di mikrotik kita mulai dari pengertian VPN menurut Wikipedia:Sebuah virtual private network (VPN) memperpanjang jaringan pribadi melalui jaringan publik, seperti internet . Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan bersama atau publik seakan perangkat komputasi mereka langsung terhubung ke jaringan pribadi, dan dengan demikian mendapatkan keuntungan dari fungsi, keamanan dan manajemen kebijakan dari jaringan pribadi. [1] Sebuah VPN diciptakan oleh membangun virtual point-to-point koneksi melalui penggunaan koneksi berdedikasi, maya protokol tunneling , atau lalu lintas enkripsi .
Sebuah VPN mencakup Internet mirip dengan wide area network (WAN). Dari perspektif pengguna, sumber daya diperpanjang jaringan diakses dengan cara yang sama seperti sumber daya yang tersedia dalam jaringan pribadi. [2] VPN tradisional ditandai dengan topologi point-to-point, dan mereka tidak cenderung untuk mendukung atau menghubungkan domain broadcast . Oleh karena itu, komunikasi, perangkat lunak, dan jaringan, yang didasarkan pada OSI lapisan 2 dan broadcast paket , seperti NetBIOS digunakan dalam jaringan Windows , mungkin tidak sepenuhnya didukung atau bekerja persis seperti yang mereka lakukan pada jaringan area lokal (LAN). varian VPN, seperti Virtual Private LAN Service (VPLS), dan layer 2 tunneling protokol, yang dirancang untuk mengatasi keterbatasan ini.
VPN dapat memungkinkan karyawan untuk aman mengakses intranet perusahaan saat bepergian di luar kantor. Demikian pula, VPN aman dapat menghubungkan kantor geografis terpisah dari sebuah organisasi, menciptakan satu jaringan kohesif. Teknologi VPN juga digunakan oleh pengguna internet individu untuk mengamankan mereka nirkabel transaksi, untuk menghindari geo-pembatasan dan sensor, dan terhubung ke proxy server untuk tujuan melindungi identitas pribadi dan lokasi.

       Oke langsung saja ke tutorial
  • Pertama buka winbox anda.
  • Masuk menu>PPP>(+)Server Building kemudian berinama vpnmu dengan  namamu.
 

  • Menu>IP>Pool>(+) kemudian berinama dan IP satu subnet contoh nama=ananger        IP=192.168.13.25-192.168.13.35,kalo sudah apply kemudian oke.

  •   Lalu masuk lagi ke PPP > profiles > klik + beri nama local address           (ip yang untuk wan) & untuk remot pilih yang dibuat ananger >apply>oke.
  •   Kemudian Secrets>(+)>isi sesuai keinginan(untuk service biasanya pptp).
  • Interface → PPTP server → pada defaut profil : pilih default encription , centang pada Enable,pada chap → apply → ok.
  •  Kemudian edit conektion pilil point to point turnelling protokol (PPTP) > create
  • Kemudian kasih ip ether wan dan username dan passwordd
  • Setelah selesai  copot kabel lan  dan oba menggunakan wifi kemudian sambungkan ke vpn bila telah ter sambung ke vpn maka tampilan di pojok kanan monitor akan ada tulisan" vpn suksesfull"


Semoga berhasil

Artikel Terkait

Konfigurasi VPN di Mikrotik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email