Thursday, March 17, 2016

Memperbaiki Flashdisk yang rusak/error dan Mengembalikan kapasitas yang hilang dengan terminal Linux

          Kali ini saya akan share tentang bagaimana memperbaiki Flashdisk yang rusak/eror danmengenbalikan data yang hilang ,flashdisk 8 Gb saya ketika saya format ada tulisanya eror dan saya melihat kapasitas nya berubah menjadi 2,23 Mb sontak saya langsung kebingungan kemudian saya coba memperbaiki lewat terminal Linux.Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut

  • Pertama masukan perintah # fdisk -l (perintah ini mendeteksi storage/disk apa saja yang menancap ke pc kita
  •  Terlihat bahwa flashdisk saya terdeteksi dengan letak /dev/sdb1
    Biasanya/secara Default, device flashdisk terdeteksi sebagai /dev/sdbx
  •  Kemudian Lalu eject flashdisk dengan perintah#umount /dev/sdb1
  • Jika muncul 'umount: /dev/sdb1: not mounted'
  • Berarti /dev/sdb1 belum termount/terlekat secara software....
    ya.....biarkan saja, kan mau di eject/lepas...
     
  •  Terakhir lakukan format flashdik dengan cara#mkfs.vfat -n 'sandisk' /dev/sdb1
 
  • sandisk : nama label yang akan diberikan ke flashdisk
    /dev/sdb1 : letak flashdisk yang akan diformat
  •  Kemudian lihatlah penyimpanan
Semoga Berhasil

Artikel Terkait

Memperbaiki Flashdisk yang rusak/error dan Mengembalikan kapasitas yang hilang dengan terminal Linux
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email