Saturday, March 19, 2016

MengaktifkanBash (Unix shell) di Terminal linux

       Kali ini saya akan share tentang bagaimana mengaktifkan bash.bashrc di terminal linux, kita mulai dari pengertian bash menurut wikipedia :Bash adalah Unix shell dan perintah bahasa yang ditulis oleh Brian Fox untuk Proyek GNU sebagai perangkat lunak bebas pengganti shell Bourne . [3] [4] Dirilis pada tahun 1989, [5] telah didistribusikan secara luas sebagai shell untuk GNU sistem operasi dan sebagai shell default pada Linux dan OS X . telah porting ke Microsoft Windows dan didistribusikan dengan Cygwin dan MinGW , untuk DOS oleh DJGPP proyek, untuk Novell NetWare dan Android melalui berbagai aplikasi emulasi terminal. Pada akhir 1990-an, Bash adalah pemain kecil di antara beberapa kerang yang biasa digunakan; di Bash ini memiliki nikmat luar biasa.
Bash adalah prosesor perintah yang biasanya berjalan di jendela teks, di mana pengguna jenis perintah yang menyebabkan tindakan. Bash juga dapat membaca perintah dari file, yang disebut skrip . Seperti semua kerang Unix, mendukung nama file globbing (pencocokan wildcard), pipa , di sini dokumen , substitusi perintah , variabel dan struktur kontrol untuk kondisi-pengujian dan iterasi . The kata kunci , sintaks dan fitur dasar lain dari bahasa semua disalin dari sh . Fitur lainnya, misalnya, sejarah , yang disalin dari csh dan ksh . Bash adalah POSIX shell, tapi dengan sejumlah ekstensi.
Nama itu sendiri merupakan akronim , sebuah permainan kata , dan deskripsi. Sebagai akronim, itu singkatan Bourne-lagi shell, mengacu pada tujuannya sebagai pengganti bebas untuk shell Bourne. [6] sebagai pelesetan, itu menyatakan bahwa tujuan dalam sebuah frase yang terdengar mirip dengan dilahirkan kembali , istilah untuk spiritual kelahiran kembali. [7] [8] nama ini juga deskriptif apa itu, bashing bersama fitur sh, csh, dan ksh. [9]

Oke langsung saja ke tutorial pertama buka terminal
  • Masuk ke super user #sudo su
  •  Kemudian edit bash.bashrc#nano /etc/bash.bashrc
  •  Ini adalah tampilan yang belum saya apa-apakan.
  •  Kemudian cari kalimat "enable bash completion in interactive shells.
  •  Kalo sudah menemukan kemudian hilangi tanda ''#'' seperti gambar di bawah ini:
  •  Kemudian reboot pc kita.
  •  Kemudian caya mencoba cek mengistal php5 php5-curl danyang lainya dengan perintah#apt-get install php5 php5-    (kemudian di tekan tab 2x) maka ada tampilan begini.
Semoga Berhasil

Artikel Terkait

MengaktifkanBash (Unix shell) di Terminal linux
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email